0
Game online?Cerdas atau Tidak
Posted by Unknown
on
11/21/2010 11:35:00 PM
in
PTI nd New Media
Kecerdasan Buatan atau dalam bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau AI dapat diartikan atau di definisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Dibuat agar memudahkan manusia agar dapat mengerjakan pekerjaan menjadi elbih mudah, dapat menghibur contoh, game, dapat mengembangkan ilmu yang didapat manusia contoh, komputer dan masih banyak yang lainnya. Dan kali ini saya mengambil contoh A.I yaitu game online.
Akhir-akhir ini di Indonesia bahkan di dunia video game sedang berkembang pesat pertumbuhannya dan saat ini yang sedang merajai pasar adalah game online. Apa itu game online? game online adalah jenis game atau permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer yang bisa kita sebut permainan yang terhubung oleh internet sebagai jembatan penghubungnya. Game online ini biasanya di kelola oleh penyedia jasa game ini dan dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Game online ini menuntut sosialisai kita di dunia maya terhadap sesama pemain game.
Game online ini di mulai sejak tahun 1969. Awalnya permainan ini ditujukkan untuk tujuan pendidikan. Pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plat. Di ciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain atau bisa disebut multiplayer games.
Game online mengalami perkembangan setelah tahun 1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan dan membuat akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai tumbuh dan menjadikan game online semakin berkembang hingga hari ini.
Saya mengambil contoh game (First-person shooter games atau FPS)
Game ini mengambil pandangan orang pertama atau orang tunggal sehingga seolah-olah pemain atau kita berada dalam permainan tersebut dalam sudut pandang tokoh karakter yang kita mainkan. Di mana setiap tokoh yang memiliki kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya tergantung jenis levelnya. Permainan ini dapat melibatkan banyak orang dan biasanya permainan ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer. Contoh permainan jenis ini antara lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank(Yang saya gemari saat ini^^), Quake, Blood, Unreal.
Contoh game online adalah Point Blank.
Point Blank adalah sebuah permainan komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online. Permainan ini dikembangkan oleh Zepetto dari Korea Selatan dan dipublikasikan oleh NCSoft. Selain di Korea Selatan, permainan ini mempunyai server sendiri di Thailand, Rusia, dan Indonesia. Di Indonesia, permainan ini dikelola oleh PT. Kreon melalui Gemscool. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force(CT-Force). Game ini adalah game yang menuntut seseorang berfikir strategi dimana kita dikondisikan sebagai pemain yang seolah-olah masuk dalam permainan tersebut dan bagaimana caranya kita bisa membawa tim kita bisa menang, nah dari itu kita dituntut untuk berfikir secara cepat dan tidak ragu-ragu dalam memainkannya. Dan yang kebetulan saya juga penggemar game ini, jadi saya mengambil contoh game Point Blank ini^^.
Kebanyakan game online saat ini adalah berbayar jika kita mau membeli item atau perlengkapan pada game tersebut misal di game Point Blank, jika kita ingin membeli suatu senjata atau item bisa membelinya lewat point yang telah kita kumpulkan dalam permainan atau bisa juga dengan membeli cash dengan cara membeli voucher seperti halnya kita membeli pulsa handphone.
Bicara soal dampak pada game online ada dampak positif atau negatif. Pasti setiap suatu hoby atau pekerjaan dan game pun ada dampak baik dan buruk. Dan inilah menurut saya dampaknya.
Dampak positif
* Dengan jaringan internet, dapat membuat seseorang bersosialisasi dengan baik atau buruk sesuai dengan orang tersebut membuat seseorang mendapatkan teman atau sahabat yang baik di dunia maya atau malah dengan game membuat orang mendapatkan jodohnya (bisa pacar atau malah bisa berujung pada pernikahan).
* Game menuntut seseorang berfikir dan menyusun strategi dengan cepat dan taktis. Maka orang biasa dan tidak main game cara berfikirnya berbeda, yang bermain game akan berfikir cepat dan lebih tanggap.
* Bisa bermanfaat untuk usaha, contohnya penyedia jasa layanan internet atau warnet, jual voucher game, dan malah bisa menjadi penyedia jasa server game tersebut.
Dampak negatif
* Sosialisasi fisik berkurang atau bertatap langsung dengan orang lain bisa teman atau keluarga, karena pemain lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya.
* Dapat merusak mata apabila bermain tidak di batasi.
* Beberapa game online memerlukan biaya untuk memainkannya. Dalam kategori permainan pay-to-play atau sekedar biaya penyewaan komputer di warnet atau game centre. Apabila tidak diorganisir dengan baik, permainan daring dapat menghabiskan biaya cukup besar.
* Menimbulkan lupa waktu, pekerjaan, sekolah, aktifitas lainnya. Lebih parahnya lagi apabila tidak bisa kita atur waktunya, bisa-bisa kita malah jadi kecanduan terhadap game tersebut.
Dampak lebih suramnya lagi, kita bisa terjebak dalam masalah ekonomi yang akan menyebabkan tindakan kriminal seperti pencurian dan lainnya yang hanya untuk membeli voucher game.
Posting Komentar