0
E Business
Posted by Unknown
on
10/15/2012 08:15:00 PM
in
Tugas
E-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas
yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran
barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan
transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis
internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan
pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada
sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar
melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini
pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.
Marketspace adalah arena di
internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas
seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di
marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan
“pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena
tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada
transaksi pertukaran barang atau jasa.
Seluruh perusahaan, tanpa
perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam
proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan
sumber daya informasi.
7 strategi taktis untuk
sukses dalam e-Business :
- Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
- Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
- Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
- Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
- Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
- Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
- Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
Sistem Keamanan E-Business
Secara alami, sistem keamanan e-Business lebih beresiko
dibandingkan bisnis tradisional, oleh karena itu penting untuk melindungi
sistem keamanan e-Business dari resiko-resiko yang ada. Jumlah orang yang dapat
mengakses e-Business melalui internet jauh lebih besar dibanding yang mengakses
bisnis tradisional. Pelanggan, pemasok, karyawan, dan pengguna lain banyak
menggunakan sistem e-Business tertentu setiap hari dan mengharapkan rahasia
dari informasi mereka tetap aman. Hacker adalah salah satu ancaman besar bagi
keamanan e-Business. Beberapa hal yang menjadi perhatian pada keamanan sistem
e-Business adalah pribadi dan rahasia, keabsahan data, dan integritas data.
Beberapa metode untuk melindungi keamanan e-Business dan menjaga informasi
tetap aman adalah menjaga keamanan fisik serta penyimpanan data, transmisi
data, perangkat lunak anti-virus, firewall, dan enkripsi.
Sumber : wikipedia
Posting Komentar